BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 14 Januari 2010

FASILITAS INTERNET PADA HANDPHONE


Perkembangan teknologi di dunia akhir-akhir ini berkembang dengan sangat pesatnya,bahkan hampir menyentuh semua lini kehidupan. Salah satunya perkembangan didunia telekomunikasi, bisa dikatakan salah satu yang terpesat dengan kreasi-inovasi yang cukup jantung berdetak kagum. Perkembangan itu dipelopori dengan ditemukannya system microchipuntuk piranti telekomunikasi. Produk telekomunikasi yang tidak asing lagi dan hampir sumua dari kita memilikinya adalah handphone. Fasilitas yang ada di dalam handphone seakan menjadi lifestyle tersendiri, bahkan dengan fasilitas internet yang dapat diakses melalui handphone seakan dunia ada digenggaman.
Tapi taukah bahwa fasilitas yang sedang populer itu menggunakan sistem WAP, yaitu suatu protocol untuk terhubung ke dunia internet cukup melalui handphone. Selain itu juga akan dibahas tentang bahasa yang digunakan pada teknologi WAP ini. Dan yang terkahir adalah pengimplementasian Java pada divais wireless, handphone sebagai salah satunya.
Wireless Application Protocol adalah suatu standard dunia untuk aplikasi yang melalui media jaringan komunikasi wireless. WAP forum pertama kali dibentuk pada Juni 1997 oleh Ericsson, Motorola, Nokia, dan Unwired Planet, WML yang bergabung untuk membentuk suatu protocol yang bisa digunakan bersama antar teknologi jaringan jaringan wireless baik itu berupa handphone, pager, maupun Personal Digital Assistants.
Sejak saat itu pertambahan anggota WAP forum bartambah dengan pesat, mereka berasal dari penyelenggara utama pelayanan wireless, pembuat handset handphone,penyelenggara infrastruktur, dan developer software. Oleh karena itu dengan sebuah handphone merek apa saja yang mendukung WAP kita bisa mengakses fasilitas internet, antara lain InternetProtocol, HyperText Transport Protocol, Extensible MarkupLanguage, Universal Resource Location, dan scripting. Dengan WAP kita bisa berbelanja, mengatur transaksi di bank, membaca berita terbaru,ramalan cuaca, dan sebagainya cukup dengan menggunakan handphone WAP tersebut.
Seperti terlihat pada gambar jaringan WAP tetap menggunakan Web Server internet yang biasa dan tetap menggunakan jalur HTTP 1.1, hanya saja sebelum mencapai Client yaitu handphone harus terdapat suatu Gateway yang bertugas menghubungkan keduanya dan melakukan penggantian protocol dengan Wireless Session Protocol atau Wireless Transaction Protocol. Yang sudah tentu handphone tersebut harus mendukung WAP yaitu memiliki WAP minibrowser didalamnya.
Didalam Web Server tersebut harus terdapat file yang memang ditujukan untuk fasilitas WAP file tersebut adalah yang berspesifikasi Wireless Markup Language. Yang memiliki fungsi dan sifat yang mirip dengan HTML,WML bisa menggunakan seluruh fasilitas dari suatu web server misalnya Common Gateway Interface, PHP, ASP, Oracle database, CodeFusion, dan sebagainya.
Hampir semua kemampuan HTML bisa dilakukan oleh WML, dari menampilkan tulisan, gambar, pencarian data, kalkulasi, tranksaksi, dan lain-lain.

Hanya saja oleh karena keterbatasan dari media wireless maka memang diperlukan pereduksian kemampuan dan jumlah data yang disalurkan. Seperti yang sudah kita ketahui WML suatu markup language yang merupakan pengganti dari HTML untuk media wireless. Java pada devais wireless
Java adalah suatu bahasa pemrograman yang bersifat multiplatform, jadi Java ditujukan untuk membuat program yang dapat dijalankan hamper diseluruh platform dengan Processor, Operating System yang berbeda.
Java bersifat 'compiled once runs anywhere'.
Secara struktural bahasa pemrograman Java bersifat Oriented Programming.
Sun Microsystems pembuat Java beserta rekan industri wireless telah
mengumumkan bahwa peluncuran Mobile Information Device memungkinkan kreasi generasi mendatang, pengaturan secara personal, danservis wireless divais yang interaktif. Teknologi ini seringkali juga disebut puladengan Java Virtual Machine MID ini didasari pada teknologi Java versi 2, Perusahaan yang mengembangkan MID ini antara lain Motorola, Nokia, Siemens, Research In Motion, Sony, NEC, Matsushita/Panasonic, Mitsubishi, Fujitsu, Symbian, SmarTone, Far EasTone, Telefonica, Nextel, dan One 2 One.

MID secara dramatis menambah seluruh kemampuan suatu media wireless baik dari segi entertainment maupun segi fungsinya. Sehingga operator danpembuat isi suatu divais wireless dapat membyat produk yang sangat berbedadan dengan servis yang dinamis, interaktif, dan dapat diatur secara personal.

0 komentar: